Cara meningkatkan pageview blog :: Cara meningkatkan Traffik

Cara meningkatkan pageview blog dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu faktor yang mempengaruhi besar kecilnya bounce rate adalah tinggi dan rendahnya page view pada blog. Jika pageview rendah maka otomatis bounce rate akan meningkat.

Bounce rate merupakan persentase pengunjung yang masuk ke situs anda dan meninggalkan situs (bouncing) tanpa melihat halaman lainnya dalam situs anda. Semakin rendah bounce rate maka semakin bagus popularitas situs tersebut dimata search engine.
Untuk memonitor bounce rate sebuah situs dapat dilakukan dengan mendaftarkan situs tersebut di Google analytics. Kemudian masuk ke Kontent > Konten situs > semua laman. Maka disitu akan terlihat jumlah dari tayangan laman (page view) dan jumlah persentase rasio pentalan (bounce rate).

Cara meningkatkan page view dan memperkecil bounce rate

Ada berbagai cara untuk meningkatkan page view dan memperkecil bounce rate, berikut ini adalah teknik-teknik yang pernah saya gunakan pada blog ini.
1. Gunakan judul yang lebih interaktif
Membuat judul yang lebih interaktif tentunya akan memancing emosi dan rasa penasaran pengunjung untuk lebih ingin membaca isi postingan dari judul tersebut.
2. Gunakan tampilan Excerpts di halaman home
Excerpts merupakan tampilan dimana pada halaman homepage hanya menampilkan penggalan dari isi postingan. Jadi jika pengunjung ingin membaca artikel secara keseluruhan harus masuk ke halaman yang bersangkutan. Dengan menggunakan Excerpt pada halaman home tentunya akan menurunkan bounce rate halaman home itu sendiri.
Cara membuat excerpt pada halaman home, buka index.php lalu cari <?php the_content(); ?>, ganti kode tersebut dengan kode berikut ini.
<?php the_excerpt(); ?>
3. Gunakan Interlink dalam postingan
Interlink bisa dikatakan menghubungkan postingan ke postingan lainnya. Interlink dapat dibuat menggunakan kata-kata kunci yang sebelumnya sudah pernah di post, dengan catatan tema postingan sama dengan tema postingan yang akan dihubungkan. Interlink post dapat dilakukan dengan menggunakan plugin, contohnya SEO ALRP. Tapi kalau untuk inter link saya lebih memilih dengan cara manual, karena tidak memberatkan server dan lebih mengena.
4. Buat halaman pagination/ split long post
Membuat halaman pagination dilakukan untuk artikel yang terlalu panjang, jika memungkinkan untuk dibuat halaman maka buatlah menjadi dua halaman, tiga atau lebih. Caranya dengan menambahkan <!–nextpage–> pada bagian yang ingin dipotong.
5. Tampilkan berita terkait/related post diakhir postingan
Cara meningkatkan page view dengan related post sangat efektif. Dengan adanya berita terkait maka akan memancing pengunjung untuk lebih menelusuri berita-berita yang sesuai dengan apa yang ia cari. Disini judul yang interaktif sangat berperan penting.
6. Buat tombol social media share
Dengan membuat fasilitas tombol social media share akan memancing pengunjung untuk membagikan artikel yang ia baca jika menurut dia itu merupakan artikel yang menarik, maka otomatis teman-teman yang ada di media socialnya akan membaca link tersebut dan kemungkinan akan mengunjungi blog anda. Ini salah satu keuntungan yang dapat meningkatkan pageview dan traffic blog.
7. Sidebar interaktif
Sidebar yang interaktif adalah sidebar yang lebih memancing pengunjung untuk melihat halaman-halaman lain dalam blog anda. Untuk mewujudkan sidebar yang interaktif dapat dilakukan dengan membuat random post dan recent post, teknik yang saya gunakan di blog ini adalah membuat random post pada halaman home dan recent post pada halaman posting/single, ada tujuannya tersendiri. Serta tambahkan juga di sidebar dengan membuat popular post, tujuannya agar pengunjugndapat melihat berita yang sedang hot atau halaman yang paling banyak dikunjungi di blog anda.
8. Gunakan Thumbnail
Jadikan sebuah gambar itu mewakili keseluruhan isi artikel, sebagian orang berkata lebih bermakna sebuah gambar dari pada seribu kata, ada benarnya juga sih. Maka gunakanlah thumbnail baik itu membuat thumbnail untuk tiap-tiap postingan maupun untuk recent post, random post dan popular post.
Dengan cara meningkatkan pageview blog maka bounce rate akan semakin bagus dan popularitas blog akan meningkat di mata search engine. Selamat mencoba, semoga cara ini dapat membantu anda dalam hal peningkatan kualitas blog.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT


Judul: Cara meningkatkan pageview blog :: Cara meningkatkan Traffik
Ditulis oleh : Indonesia Documents Group
Anda sedang membaca artikel Cara meningkatkan pageview blog :: Cara meningkatkan Traffik. Artikel ini dilindungi oleh hak Cipta kami dari www. myfreecopyright.com. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://indonesiadocuments.blogspot.com/2012/08/cara-meningkatkan-pageview-blog-cara.html. Jika Tidak akan diproses hukum oleh DMCA Takedown dan berakibat buruk pada blog sodara . Terima kasih atas Perhatian saudara serta Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

1 comment: