Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis

Oleh : Beberapa hari setelah kegagalan gw di SNMPTN Undangan 2012, gw tadinya sudah memutuskan untuk masuk universitas swasta aja, soalnya gw sudah pasrah dan sudah tidak ada niat untuk ke universitas negeri. Dimulai dari tanggal 28 Mei 2012, pengumuman SNMPTN gw gagal dengan telaknya yaitu tidak diterima di UIN Jakarta dan UNJ fakultas Psikologi maupun Manajemen.

Gw sudah menyerah saat itu. Tanggal 7 Juni 2012 gw putuskan daftar di Universitas Mercubuana dan gw kaget karena diadakan testnya tepat tanggal 9 Juni 2012. Tapi sebelum itu, gw juga sudah daftar di SNMPTN Tulis karena disuruh orang tua gw saat SNMPTN Undangan gagal, tepat di tanggal 29 Mei 2012. Selain karena orang tua gw, temen-temen gw bilang gw harus daftar di negeri, karena itu gw putuskan ikut. Gw daftarnya pas mendekati penutupan pendaftaran yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2012.

Jadinya gw benar-benar buru-buru daftarnya biar gak kepenuhan. Gw pergi ke Bank Mandiri buat bayar daftar SNMPTN bersama orang tua di tanggal 28 Mei 2012 yang berada di samping CBD Ciledug, tetapi sudah tutup karena gw datengnya kesorean. Hingga diputuskan tangga 29 Mei datang lagi di siang harinya dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000, sebenarnya daftar di sekolah gw bisa, tapi kayaknya sudah telat soalnya sudah mendekati penutupan. Setelah daftar gw pulang dan langsung browsing dan buka website SNMPTN 2012, gw daftar dengan mengisi biodata pribadi dan untuk mendapatkan kartu peserta ujian. Tapi namanya cobaan datang lagi, kartu gw gak jadi-jadi, mungkin karena mendekati hari akhir jadi banyak yang daftar.

Gw udah males banget, gimana gak jadi-jadi kartu gw, gw coba ulangi lagi prosesnya dari awal hingga coba-coba ganti panlok (panitia lokal) tetap gak bisa. Hingga tanggal 31 Mei 2012 di malam harinya gw tetap gak bisa dapat kartunya. Selalu saja tulisan yang keluar kata mohon maaf, panitia lokal Banten sedang mencari tempat ujian (kalo gak salah tulisannya seperti itu). Hingga pernah hingga 2 kali gw mengadu di Halo SNMPTN bahwa kartu gw gak jadi-jadi dan waktu sudah menipis. Hingga ditanggapi bahwa gw harus coba setiap menitnya.

Tetapi tiba-tiba ada pengumuman bahwa pendaftaran di perpanjang hingga 2 Juni 2012. Gw coba ditanggal 1 Juni di siang harinya dan akhirnya berhasil juga. Langsung aja gw print kartu peserta gw. Kemudian gw masukin kartunya ke amplop bersama SKL (Surat Keterangan Lulus) yang gw ambil beberapa hari sebelumnya di sekolah.
Setelah itu di tanggal 7 Juni 2012 gw dan orang tua gw pergi di siang hari untuk melihat lokasi gw ujian yang berada di Tangerang dan tepatnya di UNIS (Universitas Negeri Islam Syekh Yusuf). Gw muter-muter nyari lokasinya dan sempat salah jalan dan akhirnya ketemu juga lokasinya. Gw kedapatan di gedung lamanya dan di fakultas hukumnya. Gw kedapetan di ruang 34 bagian IPS dan selama perjalanan berangkat itu gw disuruh orang tua gw menghitung di handphone berapa lama waktu dari rumah gw hingga ke UNIS agar tidak terlambat dan ternyata hanya 30 menit.

Setelah itu gw bilang kalau sekalian aja daftar ke Universitas Mercubuana dan akhirnya setelah dari UNIS gw ke sana. Dan dalam perjalanan kesana dengan suksesnya motor gw jatuh di jalan karena gak kuat nanjak dan kepeleset karena orang tua gw ngambil jalan samping yang ada tanah basahnya. Gw melihat bapak-bapak marah ke supir truk yang tepat di belakang motor gw, dia marah-marah karena menuduh supir truk yang membuat gw dan orang tua gw jatuh.

Gw dan orang tua gw langsung pergi dan gak peduli dengan kejadian itu. Sesampainya disana gw masuk ke Universitas Mercubuana dan menuju tempat pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 dan test di hari Sabtunya tepat tanggal 9 Juni. Gw sama sekali gak belajar apa-apa dan cuma santai-santai aja.

Hingga akhirnya tanggal 9 Juni 2012, jam 09:00 WIB gw sudah sampai di Universitas Mercubuana dan gw sempat nanya dimana gw test dan ternyata di gedung utama lantai tiga ruang 306 (kalo gak salah). Gw naik lift kesana, dengan pakaian kaus putih yang ditutupi oleh hoodie dan celana jeans hitam lengkap dengan sepatu hitam gw berjalan menuju kelas yang masih dikunci dan melihat calon mahasiswa yang duduk-duduk di depan ruang kelas. Gw duduk di dekat pintu kelasnya, dan gw melihat di sebelah kiri gw tepat di seberang gw dua orang perempuan yang kayaknya memperhatikan gw, gw jadi tegang dan pura-pura gak lihat. Mereka hanya kadang-kadang saja memperhatikan gw, hingga pintu kelas akhirnya di buka tepat pukul 09:30 WIB.

Gw masuk dan langsung duduk di paling belakang. Tadinya duduknya berdua-dua tetapi kata pengawasnya duduknya satu-satu, jadinya gw pindah ke depan. Gw di Universitas Mercubuana mengambil jurusan Psikologi. Tetapi pas tetsnya gw lihat soalnya dengan muka bingung dan dalam kepala gw keluar kata "MAMPUS GW!!!". Ada soal IPA yang sudah 2 tahun gw gak belajar IPA dan IPS yang gw rada-rada lupa. Soalnya ada kurang lebih 100 soal (gw lupa soalnya), dan hanya di suruh mengerjakan 50 soal saja.

Gw mulai membuat diri gw rileks dan mulai mengerjakan soal. Hingga kurang lebih 2 jam kemudian test selesai gw masih aja mengerjakan padahal satu persatu calon mahasiswa sudah mengumpulkan soal dan kertas jawaban. Hingga tepat 2 jam, baru gw keluar dan sebelum semua calon mahasiswa keluar ada pengumuman bahwa hari Selasa 12 Juni 2012, hasil test akan di umumkan.
Tanggal 12 Juni 2012, jam 06:00 WIB, gw berangkat dari rumah menuju UNIS dengan pakaian kemeja ditutupi hoodie denagan celana jeans hitam ditambah sepatu seperti biasanya dan sampai disana kurang lebih jam 06:45 WIB mungkin karena sedikit macet jadi agak lama gw sampainya. Sesampainya di sana gw tadinya hanya duduk di depan kampusnya hingga gw putuskan langsung masuk ke kampusnya dan orang tua gw duduk di seberang kampus bersama orang tua lainnya.

Di kelasnya sudah ada beberapa calon mahasiswa yang sudah sampai, gw langsung aja duduk dan melihat-lihat ruang kelasnya. Gw daftar di UI dan UIN dengan jurusan Psikologi, tidak seperti SNMPTN Undangan yang bisa pilih 2 fakultas, SNMPTN Tulis hanya satu. Gw menunggu hingga jam 07:15 WIB, pengawas yang berjumlah dua orang masuk dan seperti UAN, dijelaskan bahwa amplop soal masih disegel dan tata tertibnya. Hingga bel berbunyi tetap pukul 07:30 WIB, ujian dimulai. Soal sudah dibagikan terlebih dahulu sebelum bel dan mengisi biodata terlebih dahulu.

Gw dan calon mahasiswa di sebelah gw jadi saksi  dari siswa di SNMPTN Tulis di ruang itu. Hari itu juga ujiannya ada dua, yang pertama tes potensi akademik yang dengan suksenya dari 75 soal gw cuma mengerjakan 36 soal dan gw sudah berpikir tidak bakalan gw masuk UI. Tes pertama selesai pukul 09:00 WIB di selingi istirahat. Gw istirahat hanya makan siomay bersama orang tua gw. Gw melihat calon mahasiswa lainnya yang rata-rata datang kesana kebanyakan bersama teman-temannya yang ujiannya di tempat yang sama. Tes kedua adalah tes bidang studi dasar dan soalnya kalau tidak salah ada 45 soal, 15 soal Matematika, 15 soal Bahasa Inggris dan 15 soal Bahasa Indonesia. Kalau yang ini gw kerjakan dengan serius meskipun gw sama seperti tadi yang kebanyakan takut salah. Tapi jangan seperti tadi yang hanya mengerjakannya hanya setengah, gw sekarang harus bisa mengerjakan semuanya.

Gw mengerjakan yang gampang dulu, dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris hingga yang paling susah menurut gw Matematika. Gw tuntas 30 soal Bahasa, tinggal Matematika gw kerjakan dengan serius dan saat gw gak tahu sebagian besar jawaban Matematika, gw jawabnya satu persatu soal dengan "Bismillahirrahmanirrahim", setiap gw mau jawab soal dari Bahasa hingga Matematika yang gw gak tau jawabannya. Dari Pukul 09:45 - 11:00 akhirnya tes selesai dan gw mengerjakan semuanya. Sebelum gw kasi kertas jawaban gw, gw berdoa semoga hasil tes yang ini dapat menutupi kesalahan gw di tes pertama. Setelah itu, gw menuju Universitas Mercubuana untuk melihat hasil tes.

Sesampainya di sana gw menuju gedung utama di tempat pendaftarannya, gw melihat hasil tesnya dengan tulisan wawancara, gw bingung maksudnya wawancara apaan karena hasil beberapa calon mahasiswa yang lain ada yang lulus dan wawancara juga. Orang tua gw langsung masuk ke tempat pendaftarannya tanya maksudnya wawancara apaan. Hingga gw dan orang tua gw di suruh ke ruang sebelahnya yang gw lupa ruang apa. Disana gw disuruh menunggu hingga datang orang yang wawancara gw. Cuma ditanya asal sekolah dan obrolan biasa.

Ternyata maksunya gw diterima di Universitas Mercubuana jurusan Psikologi. Gw langsung dikasi kertas yang dituker dengan file untuk daftar ulang yang ditukerkan di ruang pendaftaran tadi dan gw disuruh bayar untuk biaya awal tetapi melalui bank dan batasnya 2 minggu setelah tes. Gw putuskan untuk bayarnya nanti saja menunggu hasil SNMPTN Tulis ke orang tua gw.
Ke esokan harinya tepat tangga 13 Juni 2012, Ujian SNMPTN Tulis kedua sekaligus yang terakhir. Tes dimulai dari pukul 10:15 WIB, tapi gw sudah tiba pertama kali di ruang gw tidak seperti yang kemarin. Gw tiba pukul 09:15 WIB, karena jalannya lancar, orang kantoran dan anak sekolah sudah tidak ada dijalan karena sudah lewat dari jam 7. Gw bingung mau ngapain di ruang itu, tidak ada orang selain itu ditambah bahwa IPA telah selesai tes terlebih dahulu yaitu waktu normal seperti kemarin. Gw hanya mendengarkan MP3 sambil menunggu tes dimulai.

Satu-persatu calon mahwasiwa lain datang dan ada yang langsung duduk dan belajar. Gw lihat ke belakang gw dan melihat banyak yang belajar dan sepertinya gw diperhatikan lagi oleh seorang wanita disana karena mungkin gw gak belajar cuma mendengarkan MP3. Hingga akhirnya pengawas datang dan gw melepas earphone gw dan mulai dibagikan kertas jawaban untuk menulis biodata terlebih dahulu. Tes terakhir ini hanya ada satu yaitu tes bidang studi, yaitu bidang studi umum untuk IPS seperti Sejarah, Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. Setelah 15 menit mengisi biodata gw akhirnya membuka soal, dan gw jadi bingung, kenapa soalnya kelihatan gampang atau hanya perasaan gw aja.

Gw akhirnya jadi semakin rileks mengerjakannya, hanya tersendat di soal geografi. Dan sebenarnya memang gampang cuma di bikin ribet dengan bentuk soal yang gak biasa. Seperti menjawab dengan mengikuti tata cara pengisiannya yang setiap berapa soal tata caranya berbeda dan bisa membuat orang menjadi bingung menjawabnya padahal soalnya mudah dan bila orangnya kurang konsentrasi pasti susah jawabnya. Hingga akhirnya Ujian SNMPTN Tulis selesai dan gw lega banget. Gw selama bebas itu, mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk daftar ulang di Universitas Mercubuana. Selama 2 minggu lebih gw gak bayar-bayar.
Tanggal 23 Juni 2012, tiba-tiba muncul sms ke hp gw untuk cap 3 jari di hari Seninnya pada tanggal 25 Juni 2012 dan datang pukul 08:00 WIB. Di hari Senin, gw pergi ke sekolah dengan seperti biasa memakai seragam dan menggunakan sepesa MTB gw. Sesampainya disana ada yang menertawakan rambut gw karena rambut gw mendekati keriting kribo.

Biasalah karena libur dari SMA menuju kuliah itu panjang jadinya gw males potong rambut. Bukan hanya temen gw aja yang pria tapi juga yang wanita tertawa atau pun senyum. Gw cuma bilang,"Mumpung lagi liburan". Karena nama gw diawali huruf P, maka gw sedikit lama menunggu giliran cap 3 jarinya yang dipanggil satu-satu oleh wali kelas berdasarkan absen. Kata wali kelas kalau rapot, ijazah dan skhun akan dibagikan minggu depan, jadinya gw tunggu hingga Senin tetapi tidak ada kabar lagi hingga di hari Kamis ada yang bilang dibagikan hari Jum'at dan ada yang bilang hari Senin. Gw jadi bingung, dan gw putuskan sendiri hari Senin saja gw ngambilnya.

Di hari Kamis juga muncul kabar simpang siur tentang penguman hasil SNMPTN Tulis jadinya ditanggal 6 Juni 2012 dan ada yang bilang bahwa masih di tanggal 7 Juni 2012. Hingga karena penasaran, gw coba tungguin tanggal 6 Juni benar-benar penguman atau tidak. Tepat jam 19:00 WIB seperti waktu yang telah dijanjikan, gw langsung browsing internet dan buka website SNMPTN 2012, tapi selalu saja error karena banya yang akses situsnya juga selain gw. Hingga akhirnya gw coba websitenya dan Alhamdulillah, gw dinyatakan lulus SNMPTN Tulis dan masuk UIN Jakarta di fakultas dan jurusan Psikologi. Hingga gw disuruh orang tua gw untuk print hasilnya.
Gw langsung berpikir, berarti gw gak jadi masuk Universitas Mercubuana. Seninnya, gw lansung menuju sekolah untuk mengambil rapot, skhun dan ijazah SMA. Gw bertemu beberapa temen-temen gw yang ikut ngambil rapot juga. Selain itu gw juga kesana bersama orang tua gw dan membuat surat kelakuan baik untuk daftar ulang di UIN Jakarta. Gw kesana juga membawa buku untuk disumbangkan untuk perpustakaan karena di suruh oleh sekolah. Setelah satu-persatu masuk keruang BP untuk ngambil rapot, ijazah dan skhun, giliran gw untuk mengambil. Sempat mengobrol sebentar bersama teman-teman gw karena setelah itu gw harus ke UIN Jakarta untuk melihat UIN dan tempat pendaftarannya.

Karena fakultas dan jurusan Psikologi kebagian daftar ulangnya pada hari Rabu tanggal 11 Juni 2012. Sesampainya disana gw hanya melihat-lihat selama 10-15 menit dan kemudian pulang. Di tanggal 11 Juni, gw akhirnya daftar ulang dengan membawa ijazah, skhun, rapot dan file yang tadinya buat daftar di Universitas Mercubuana jadinya buat di UIN Jakarta. Gw kesana bersama orang tua gw dan lengkap dengan kaos purih dengan ditutupi hoodie dan celana jeans hitam serta sepatu sandal. Pertama-tama gw pergi ke bank BCA untuk mengambil uang untuk daftar ulang sebesar Rp. 2.440.000.

Kemudian gw lanjutkan perjalanan menuju UIN Jakarta dan langsung menuju Bank Mandiri yang berada di dalam UIN dan membayar. Setelah diberi bukti pembayaran gw lansung menuju tempat pendaftaran untuk mengambil formulir pendaftaran ulang. Gw hanya kasih tanda bukti pembayaran dan kartu asli peserta SNMPTN Tulis 2012 dan dakasihlah formulirnya yang didalam map. Setelah karu peserta SNMPTN Tulis 2012 dan Bukti pembayaran di kembalikan gw menuju meja kosong untuk menulis formulirnya. Formulirnya terbagi atas Lembar Pemeriksaan Berkas Daftar Ulang, Pendaftaran TOEFL dan TOAFL, NIM Mahasiswa, Surat Pernyataan dan Surat Keterangan Kesehatan.

Gw isi semuanya dibantu orang tua gw. Tempel foto di NIM dan materai Rp 6000 di lembar penyataan. Kemudian setelah mengisi semuanya gw langsung menuju tempat pemeriksaan kesehata di UIN. Tetapi masih tutup karena istirahat dan Shalat Zuhur. Kemudian gw bersama orang tu gw ke masjid untuk shalat juga. Setelah itu gw kembali ke tempat kesehatan sendiri karena orang tua gw mau makan di luar. Gw tungguin hingga pukul 1 siang lewat baru pintu dibuka kembali. Tapi gw kebagian terakhir, padahal gw datang duluan karena yang lainnya lansung berdiri di depan pintunya jadi gw ngalah. Dimulai dengan pendaftaran uji kesehatan, dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi darah, kemudian pemerikasan dokterr dengan penglihatan dan ditanya apakah gw merokok sudah pasti tidak kerna gw anti rokok. Hingga tahap selanjutanya yaitu tes urine, gw  dikasi sebuah wadah untuk urine gw.

Katanya cukup diisi seperempat saja, tapi gw isinya penuh, jadinya gw buang sedikit baru gw kasih ke bagian pemeriksaan urinenya. Kertas Keterangan Sehat gw di stempel Urine tanda sudah tes urine dan kemudian ke ruang  Rontgen untuk tes rontgen dan dapat stempel juga. Kemudian kembali ke ruang awal dan di stempel sudah lewat tes kesehatan. Kemudian gw keluar untuk ukur almamater atau jas UIN. Gw nulis biodata dan ukuran jasnya yaitu XL yang terdiri dari 2 lembar untik calon maha siswa dan panitia. Kemudian gw kembali ke ruang pendaftaran untuk mengembalikan berkas-berkasnya. Gw kasih dan disuruh tunggu untuk nama gw dipanggil.

Hingga nama gw dipanggil dan katanya ada yang kurang yaitu NIM. Ternyata NIM gw simpen dua-duanya di tas gw dan gw kasi salah satunya. Kemudian gw ke sebelahnya untuk daftar TOEFL dan TOAFL. Kasih formulir pendaftarannya dan suruh kasih foto juga. Setelah itu nama gw dipanggil untuk mengambil kartu peserta ujiannya dan katanya tesnya di Kampus II UIN Jakarta yang diadakan tanggal 16-17 Juni 2012 pukul 13:30-15:30 WIB. Dan kemudian setelah selesai pendaftaran ulang gw pergi lagi ke rumah saudara gw.
Sekian dulu cerita dari gw.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT


Judul: Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis
Ditulis oleh : Indonesia Documents Group
Anda sedang membaca artikel Cerita Dari Gagal SNMPTN Undangan Hingga Lulus SNMPTN Tulis. Artikel ini dilindungi oleh hak Cipta kami dari www. myfreecopyright.com. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://indonesiadocuments.blogspot.com/2013/03/cerita-dari-gagal-snmptn-undangan.html. Jika Tidak akan diproses hukum oleh DMCA Takedown dan berakibat buruk pada blog sodara . Terima kasih atas Perhatian saudara serta Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

No comments:

Post a Comment