Tips dan Trik Menghadapi Ujian, Pasti SUKSES !

Tips dan Trik Menghadapi Ujian, Pasti SUKSES ! - KIRIM OKSIGEN KE OTAK. Meskipun sudah belajar, hasil ujian tidak akan maksimal tanpa MAKAN dan TENANG. Uppss!! 
 Oksigen itu O2.

Otak bisa bekerja dengan baik, kalau mendapat oksigen dan gizi yang cukup. Seperti sayur, lauk  

Gerak badan
Tu...wa...ga..pat....Main sambil olahraga membuat otak mendapat oksigen lebih baik. Konsentrasi daya pikir dan kreativitas pun jadi meningkat.


Jaga Kesehatan
Makanan yang bergizi dan vitamin membuat kita sehat dan kuat

Tenang
Usahakan selalu tenang. Rasa panik, bosan dan lelah membuat panas jadi nafas jadi pelan. Akibatnya, paru – paru hanya mendapat sedikit oksigen. Kalau kurang oksigen, otak-pun tidak bisa berpikir dengan baik dan tenang.

RAMUAN DI KUALI UJIAN

Ramuan Cicil
Menumpuk buku pelajaran sampai tinggi menjulang ??? Sebaiknya dicicil sedikit demi sedikit. Buatlah jadwal belajar yang rutin sekitar sebulan sebelum ujian.

Ramuan Bank Soal
Berlatihlah mengerjakan bank soal sebelum ujian. Misalnya, mengerjakan soal – soal latihan yang ada di buku paket. Jangan melihat kunci jawabannya dulu, sebelum kamu mencoba mengerjakannya.

Ramuan Target
Setiap mulai belajar, buat target yang akan dipelajari saat itu. Targetnya harus masuk akal.

Ramuan “?”
Sebelum ujian. Kumpulkan rumus atau soal yang kamu belum mengerti, lalu tanyakan pada orang tua, teman, guru atau kakak.

Ramuan Kerjasama
Buat permainan tanya jawab dengan kelompok belajarmu.

Ramuan Nyaman
Belajarlah dengan kondisi di tempat – tempat sesuai dan nyaman.

Ramuan Hadiah
Kalau bisa belajar memenuhi jadwal dan target, berilah hadiah untuk dirimu. Misalnya es cream favorit.

ADA PELAJARAN YANG TIDAK DISUKAI ?

·         Matematika – kalau kita kaya nanti, gimana bisa ngitung uang kita tanpa pelajaran yang satu ini ?Repot kan?Kalau kita nggak bisa yang satu ini, gimana bisa mengaplikasikan rumus – rumus di fisika? Ayo..sukai pelajaran yang satu ini.

·         Bahasa Inggris – buka facebook, ada temen dari Ausi nongol. Mau chat, nggak tau bahasa inggris, malu donk?? Apalagi, zaman sekarang nggak tau bahasa inggris ?? Gengsi, dunk! Ayo belajar tenses..
·         Bahasa Indonesia – sebagai orang Indonesia, kita harus menyayangi bahasa persatuan kita, bahasa Indonesia. Kalau kita ketemu sama orang Bugis, orang Jawa, orang Sunda masa kita pakai bahasa daerah?? Hayo, kuasai bahasa kita sendiri...

·         Biologi – siapa sih yang nggak males ngafalin nama – nama virus ? Tapi, kawan justru kalau kita hafal nama-nama dan bahaya dari virus-virus itu, kita jadi lebih menyayangi tubuh kita. Nggak ad ruginya ngafalin semua materi yang ada di biologi. Justru hidup kita semakin sehat.

·         Fisika- kenapa ada embong Mereng?? Kenapa rooler coaster nggak jatuh ke bawah?? Semua itu bisa dijawab kalau kita mempelajari yang satu ini. Einsten aja bilang, semakin kita mempelajari alam, semakin bertambah keimanan kita kepada tuhan.

·         Ekonomi – siapa sih yang nggak mau jadi kayak Sri Mulyani ?? Ayo pelajari dengan giat yang satu ini, biar kita tahu, apa sih sebenarnya masalah yang menyebabkan Indonesia nggak bisa jadi negara kaya...

·         Olahraga – Nggak ada alasan nggak suka pelajaran yang satu ini. Pelajaran ini alat buat refleshing dan membuat otak segar bugar.

·         Sejarah – perang apa yang paling sebentar ?? Gak tau ?? Jawabannya, perang Diponegoro secara dari 1825 sampai 1830. Sejarah itu pelajaran masa lalu untuk memotivasi masa depan.

·         Kimia – dalam ilmu ini kamu bisa mempelajari zat – zat unik yang ada di bumi. Nggak ada ruginya, malah mengasyikkan.

·         PKn – kalau nggak suka sama pelajaran ini, berarti kami nggak punya rasa persatuan dong?? Masa nggak tau unsur – unsur dalam negara??

KAS. KAS, MERINGKAS

Little Note
Cara meringkas yang paling mudah adalah membuat catatan singkat pada notes kecil. Notes kecil memudahkanmu membaca kapan saja dan dimana saja ( asal jangan waktu ujian, dilarang keras! )  

Smart Card
Ringkasan smart card sangat praktis. Tiap kartu kamu isi satu tema. Kamu tulis judul besar pada bagian atas, misal rumus abc. Pada bagian bawahnya, kamu tuliskan isinya. Tiap kartu, kamu kelompokkan sesuai mata pelajaran.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT


Judul: Tips dan Trik Menghadapi Ujian, Pasti SUKSES !
Ditulis oleh : Indonesia Documents Group
Anda sedang membaca artikel Tips dan Trik Menghadapi Ujian, Pasti SUKSES !. Artikel ini dilindungi oleh hak Cipta kami dari www. myfreecopyright.com. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://indonesiadocuments.blogspot.com/2012/10/tips-dan-trik-menghadapi-ujian-pasti.html. Jika Tidak akan diproses hukum oleh DMCA Takedown dan berakibat buruk pada blog sodara . Terima kasih atas Perhatian saudara serta Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

No comments:

Post a Comment